Jumat, 24 April 2015

Desa Miau Baru
Lokasi: Provinsi Kalimantan Timur, Kabupaten Kutai Timur, Kecamatan Muara Wahau
Kategori:
 Desa Wisata

Desa Miau Baru telah dikenal sebagai objek wisata desa adat yang menampilkan ragam hasil budaya masyarakat Dayak Kayan. Hal ini berawal dari aktifnya masyarakat lokal pada penyelenggaraan beberapa kegiatan, terutama kegiatan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan, seperti program dari WWF, Biennial Borneo Research Conference, penulisan buku ilmiah tentang arsitektur rumah, kerjasama dengan Dinas Pariwisata Kalimantan Timur dalam penyusunan buku promosi wisata, dan promosi pariwisata di Jakarta.

Masyarakat Lokal
Beragam kegiatan tersebut dengan sendirinya berpengaruh terhadap wawasan pariwisata yang dimiliki oleh masyarakat, sehingga saat ini pengembangan atraksi wisata yang ada sudah sangat beragam, diantaranya meliputi lamin, homestay. guest house, pelaksanaan upacara adat Mamat, Belawing, Upah, dan Panen, serta peningkatan produksi kerajinan tangan.


Lamin Adat
Masyarakat lokal terus berusaha mengembangkan ragam atraksi yang ada, dengan disesuaikan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki. Beberapa diantaranya yang masih dalam tahap perencanaan dan pengorganisasian yaitu, napak tilas sejarah perpindahan penduduk, upacara adat dan tarian, workshop kerajinan, kegiatan pertanian modern. Seluruh atraksi tersebut diusung dengan konsep wisata kreatif yang mengajak wisatawan untuk bergerak aktif agar dapat merasakan menjadi bagian dari masyarakat lokal.

Seni Pahat Patung
Desa Miau Baru terletak berdekatan dengan perbatasan Kabupaten Kutai Timur dengan Kabupaten Berau. Untuk menuju lokasi ini dapat ditempuh dengan jalur darat menggunakan kendaraan pribadi (bis atau mobil carteran). Kondisi jalan yang masih rusak cukup menyulitkan akses menuju lokasi ini, sehingga perlu dipersiapkan kendaraan yang tangguh (double gardan).


4 komentar:

  1. jadi inget dayak kayan, inget aku di besarkan di suku itu hingga 15 tahun... dianggap cucu oleh orang jawa kayan, banyak belajar disana. cara menari, membuat kerajinan tangan, dll. inay panggilan seorang nenek khas suku dayak kayan. iihhh kangen pengen kesana lagi,, sekarang udah kepisah pulau,, dan sekarang sudah jadi kembali keasal y di jogja,, orang dayak tuh luar biasaaa,,

    BalasHapus
  2. foto2 miau baru lainnya dapat juga di akses di steller.co mas (chris_djoka)

    BalasHapus